Daftar Isi [Tampil]

Permainan berbasis Role Play Game atau yang dikenal di kalangan para gamers di seluruh dunia dengan sebutan RPG adalah genre game yang mengusung sistem Turn Base atau "baku hantam" berganti-ganti antara player dengan Artificial Intellegence (AI).

Genre RPG ini sangat diminati oleh pemain yang gemar dengan berbagai strategi dalam mengalahkan lawan dengan pilihan-pilihan skill dan item yang disediakan di dalam game. 

Pada awal genre RPG ini muncul di permukaan gamer-gamer di dunia, RPG sering menggunakan sistem yang hanya mengusung text-based saja. Pemain diberikan teks berupa jalan cerita game tersebut

Dan kemudian menyelesaikan quest-quest yang disediakan oleh NPC, masuk ke dungeon untuk menaklukkan boss-boss, mencari item-item tersembunyi di dungeon maupun para monster.

Kini pada zaman teknologi yang sudah berkembang sangat pesat dengan grafik yang sangat memuaskan dan bahkan di isi dengan Original Soundtrack masing-masing game, Video Motion bahkan disertai dengan Pengisi Suara/Voice Actor dalam bahasa Jepang ataupun Inggris.

Dalam Game RPG ini pemain memerankan karakter sesuai dengan peran yang diberikan di dalam game dan dituntut untuk mengembangkan status karaktermu sedikit demi sedikit dengan sistem "Grinding" atau "Leveling". 


Game RPG juga membuat para player dapat mengkustom karakter sesuai yang mereka inginkan. Terkadang di dalam game RPG ternama mempunyai Class yang bisa dipilih oleh pemainnya.

Kelas-kelas tersebut seperti Fighter, Assassins, Black Magic, White Magic, Paladin, Thief, Support dan banyak lagi kelas yang disediakan di setiap game RPG.

Game RPG juga terdapat karakter Non-Controllable Player atau NPC. Yaitu karakter yang tidak bisa dimainkan oleh player namun kita bisa mendapatkan berbagai quest ataupun petunjuk dari karakter NPC yang bersasngkutan.

Selain mekaniske permainan di game RPG, hal yang sangat membuat gamer di dunia begitu menyukai genre yang satu ini adalah Story nya yang sangat melekat walaupun Anda tidak memainkan game ini selama bertahun-tahun, 

Momen-momen memorable yang terdapat dalam game, pembentukan karakter yang dapat membuat Anda tersenyum maupun menangis hingga Original Soundtrack yang sangat membekas di telinga para pemainnya.

Hingga sekarang game-game RPG masih sangat diminati para gamer dan sudah banyak sekali game-game yang bergenre sama yang terdapat dalam platform-platform berbeda. Mulai dari Nintendo, Sony Playstation, Xbox, PC dan berbagai konsol-konsol lainnya.

Berikut adalah Game-game RPG Lawas yang dapat membangkitkan nostalgia Anda dan masih layak untuk dimainkan hingga saat ini :


Final Fantasy VII



Siapa yang tidak kenal dengan game RPG yang dirilis pada platform Sony Playstation generasi pertama, Final Fantasy VII begitu spesial di hati para pecinta game RPG. Dirilis 15 tahun silam dan baru beberapa bulan kemarin Square Enix mengeluarkan versi Remake yang dirilis di konsol Playstation 4, 

Final Fantasy VII merupakan alasan mengapa game-game RPG lawas masih "worth it" untuk dimainkan hingga sekarang. Berbagai momen-momen lucu hingga momen yang membuat sebagian besar para gamer menitikan air mata bersatu di dalam game ini.

Berbagai situs-situs kritik besar seperti Metacritic bahkan memberi nilai fantastis terhadap game ini besutan Square Soft sebelum berganti nama menjadi Square Enix. 

Original Soundtrack yang diciptakan oleh maestro ternama yaitu Nobuo Uematsu sangat berkesan untuk player mulai dari Main Theme, Battle Theme, Boss Theme sangat menggambarkan betapa besarnya nama Final Fantasy VII.

Mekanisme game ini juga terbilang ssangat unik dibandingkan game-game RPG lainnya. Gameplay utama yang menjadi ciri khas game ini adalah Materia, berbentuk bola kristal yang yang terdapat 5 macam warna, 

Sebut saja Magic Materia berwarna hijau, Support Materia berwarna biru, Command Materia berwarna kuning, Independent Materia berwarna Ungu dan Summon Materia berwarna Merah.

Cerita Final Fantasy Berpusat pada 9 Tokoh Utama, tokoh utamanya adalah Cloud Strife, Tifa Lockhart, Barret Wallace, Aerith Gainsborough, Red XIII, Yuffie Kisaragi, Vincent Valentine, 

Cid Highwind dan CaitSith. Mereka berpetualang di dunia fantasi yang bernama Planet Gaia untuk menaklukkan karakter Antagonis utama dalam game ini yaitu Sephiroth.


Final Fantasy VIII


Final Fantasy  VIII merupakan game besutan Square Soft setelah Final Fantasy VII rilis dipasaran. Game ini juga mengusung gameplay yang tidak kalah unik dibanding series Final Fantasy lainnya dari segi battle, dungeon, 

Grinding dan juga ada sistem trading card yang bisa kamu adu dengan NPC. Tokoh utama dalam game ini adalah Squall Leonhart, Rinoa Heartilly, Quistis Trepe, Zell Dincht, dan Selfie Tilmitt. 

Petualangan mereka berada di dunia fantasi yang tidak bernama dengan satu bulan. Planetnya mempunyai lima daratan terbesar yaitu Galbadia, Esthar, Balamb, Trabia dan Archipelago.

Final Fantasy VIII mengusung sistem Junction, Summon disini dinamain Guardian Force dan juga menyertakan Limit Break. Squall dan Kawan-kawan berpetualang demi mengalahkan Ultimecia yang ingin menguasai dunia tersebut.


Final Fantasy IX


Final Fantasy IX masih dirilis di konsol yang sama dengan dua series sebelumnya di Playstation generasi pertama. Series Final Fantasy IX ini tidak kalah memorable dibandingkan seri terdahulu mulai dari segi cerita, gameplay, soundtrack dan sistem party yang bisa menempatkan 4 karakter sekaligus.

Game ini berlatar belakang pada dunia fantasi bernama Gaia yang dan menggunakan plot peperangan antara beberapa negara.

Ada fakta unik dibalik pembuatan game ini. Game ini dibuat di waktu yang sama oleh Square Soft saat pengembangan Final Fantasy VIII. 

Namun yang membedakannya adalah game ini bertema kerajaan seperti Final Fantasy klasik lainnya dan mempunyai sistem yang berbeda dari FF series lainnya dengan menggunakan sistem Active Time Event.

Tokoh protagonis tentu saja kalian pasti tahu manusia berekor yang bernama Zidane Tribal bersama teman-temannya yaitu Putri Garnet, Vivi, Steiner, Freya, Eiko, Quina dan Coral. Mereka Berpetualang demi menghancurkan ambisi Kuja yang ingin menguasai dunia.

Penutup

Demikian beberapa game RPG Final Fantasy yang masih layak untuk dimainkan hingga sekarang meskipun telah rilis belasan tahun yang lalu, banyak momen yang tidak terlupakan yang terdapat di game ini. Untuk kamu yang penasaran belum memainkannya bisa dimainkan dengan menggunakan emulator PS1 yang tersedia di Android maupun PC.
Baca Juga

Post a Comment