Daftar Isi [Tampil]

Among Us menjadi game terpopuler pada beberapa bulan ini. Faktanya unduhan game ini di Playstore yang sudah mencapai angka 100 juta unduhan di Play Store menjadikan game yang dikembangkan oleh Innersloth ini viral dan selalu ramai diperbincangkan di kalangan anak-anak maupun remaja di seluruh dunia sebagai "perusak pertemanan".


Game ini pada dasarnya sama dengan Werewolf, uniknya di game ini kalian dituntut untuk mengerjakan segera task-task yang diberikan sesuai rule yang di setting oleh host sebelum permainan dimulai. 


Ada dua role yang tersedia di game ini yaitu Crewmate dan Impostor. Crewmate dituntut untuk mengerjakan task dan juga berperan sebagai detektif dalam mencari siapakah Impostor di dalam game ini. 


Sedangkan Impostor harus mengeliminasi Crewmate tanpa dicurigai oleh siapapun sebelum Crewmate menyelesaikan semua task yang tersedia. Berikut ini adalah tips bermain Among Us yang akan penulis bagikan kepada kalian yang ingin memenangkan game ini dengan baik:


Bermain sebagai Crewmate


Awasi Taskbar

Selalu awasi taskbar kalian di pojok kiri atas. Taskbar adalah penanda bahwa kalian menyelesaikan task yang disediakan. Task disini berupa quest minigame yang ditandai tanda seru dibagian map dan terdiri dari beberapa task yaitu Common Task, Long Task dan Short Task. 


Jika Crewmate tereliminasi oleh Impostor atau di eject kamu wajib menyelesaikan juga task tersebut sebagai ghost. Selalu waspadai ketika ada orang di sekitar kamu, awasi dengan cermat player lain yang sedang melakukan task apakah mereka benar-benar menyelesaikan task atau hanya melakukan "Fake Task", jika taskbar tidak bertambah, player tersebut patut kamu curigai sebagai Impostor.


Lakukan fixing sabotase

Dikarenakan Imposter memiliki skill untuk sabotase rektor, oksigen, komunikasi dan listrik, segera lakukan fixing sabotase secepat mungkin. Ini momen yang sangat krusial bagi Crewmate, 


Jika tidak segera menyelesaikan perbaikan sabotase dalam kurun waktu yang telah ditentukan, maka Crewmate akan kalah. Setelah memperbaiki salah satu yang Impostor sabotase tersebut, 


Segera periksa beberapa ruangan apakah ada mayat atau tidak dan selalu waspada terhadap gerak-gerik player lainnya karena disaat itu Imposter akan memiliki kesempatan kill terbaik. Dan jangan satu hal yang sangat penting saat memperbaiki sabotase, 


Usahakan kamu bersama minimal 2 player disampingmu, ketika kamu atau salah satu player lain mati bisa segera menekan tombol report. Kemudian saat Impostor sabotase listrik, usahakan jangan berkumpul antar player karena dapat menyebabkan momen Stack Kill dari Imposter dan kalian kehilangan bukti siapakah Impostor yang sebenarnya.


Tidak Berduaan

Usahakan untuk tidak berduaan di dalam suatu ruangan. Ketika kamu belum memiliki clue siapa Impostor sebenarnya, hindari berduaan di dalam suatu ruangan karena Impostor bisa mengunci ruangan tersebut apalagi ketika ruangan tersebut memiliki Vent untuk kabur. 


Crewmate akan kehilangan jejak dalam menginterogasi orang yang dicurigai sebagai Impostor. Ketika hal tersebut sudah tak terhidarkan, segera lari dan mencari apakah ada player lain disekitar agar Impostor tidak memiliki celah untuk mengeliminiasi kamu.


Ikuti player mencurigakan

Ketika task kamu sebagai Crewmate telah selesai kamu kerjakan semua. segera ikuti player-player yang mencurigakan dan carilah player yang setidaknya membuat kamu percaya bahwa dia benar-benar aman untuk kamu percayai. 


Ingat jangan selalu mengikuti player terus menerus. Gunakanlah fasilitas CCTV di ruangan Security dan amati dengan cermat siapa saja dan warna apa yang melintasi area yang terdapat CCTV. 


Saat menggunakan fasilitas CCTV kamu juga patut waspada disekitar karena bisa saja kamu bersama Impostor di ruangan tersebut dan ketika kamu sedang menggunakan CCTV kamu terkunci bersama dengan Impostor.


Waspada kepada yang mengaku Crewmate

Waspadai player yang mengaku sebagai Crewmate saat meeting. Impostor sering berakting dan berpura-pura menjadi Crewmate dan sejatinya mereka adalah Impostor. 


Apalagi ketika mereka menggunakan argumen yang bisa menjerumuskan salah satu Crewmate dan kemudian mengadu domba antara player lain. Cermati kembali dan tanyakan kepada yang bersikeras mengaku sebagai Crewmate tersebut apa saja task yang mereka kerjakan dan dimana lokasi task tersebut, 


Sedang dimana ia ketika ada suatu tempat yang Impostor sabotase. Cermati juga bagaimana tata bahasa mereka dalam mengemukakan argmuennya. Ketika ia tidak bisa memberikan argumen yang jelas dari fakta dilapangan jangan langsung kamu vote, 


Berikanlah argumen yang dapat membuat player lain bahwa argumenmu bisa dipercaya dibandingkan argumen lawan agar mendapatkan kepercaan dari player lain.


Jangan terburu buru

Ketika player masih tersisa 9 orang, jangan terburu-buru dalam voting. Usahakan untuk skip vote terlebih dahulu untuk mencari kepastian bahwa yang kamu curigai benar-benar seorang Impostor di ronde selanjutnya.


Gunakan emergency diwaktu yang tepat

Gunakanlah tombol Emergency Meeting dengan baik dan tepat ketika kamu merasa yakin player yang kamu curigai adalah Impostor.


Tersisa 6 lakukan vote

Jika kamu yakin Impostor masih  tersisa 2 orang. Pada saat player tersisa 6 orang lebih baik vote karena jika tidak maka Crewmate akan terkenal Double Kill dan kalian akan kalah. Jika susah melakukan vote, segera pencet tombol Emergency Meeting untuk mereset Kill Cooldown dari Impostornya. 


Ingat siapa saja ketika berpapasan

Ingat, ini hal yang paling penting dalam game ini. Usahakan untuk mengingat siapa dan warna apa yang sedang berpapasan dengan kalian. Ini akan membuat kalian mudah dalam beradu argumen ketika kalian dicurigai player-player lain saat berdiskusi.


Bermain Sebagai Impostor


Stack kill

Stack Kill, bunuh Crewmate yang menumpuk ketika menyelesaikan task atau memperbaiki sabotase. Alangkah baiknya sabotase listrik terlebih dahulu agar kamu sulit untuk dicurigai. 


Blind Kill

Bunuh Crewmate yang sendirian setelah kalian sabotase listrik, namun waspada sekitar dan segera pergi menjauh dari Crewmate yang kamu bunuh tersebut agar tidak dicurigai oleh siapapun.


Fake Task

Pada saat game dimulai, kamu sebagai Impostor juga diberikan daftar tugas palsu, berpura-puralah dalam mengerjakannya, tunggu waktu yang tepat saat Crewmate melihatmu memalsukan task, perhatian juga taskbar agar dapat mengelabui Crewmate bahwa kamu lah yang menyelesaikan task tersebut.


Vent Kill

Cara ini ampuh namun juga menjadi bumerang ketika kalian tidak waspada dengan CCTV dan player-player disekitarmu. periksa terlebih dahulu apakah ada player yang menggunakan CCTV atau tidak, CCTV menyala ketika lampu merah.


Sabotase

Gunakan fitur sabotase dengan cerdas, bacalah situasi, hindari penggunaan sabotase belebihan karena waktu penggunaan kembali skill ini sangat lama durasinya. Dan ketika kamu terus menerus menggunakan sabotase, kamu tidak bisa menggunakan kunci ruangan.


Tetap tenang

Tetap tenang dan berikanlah argumen yang bisa membuat player lain percaya bahwa kamu bukanlah Impostor. Hati-hati terhadap penggunaan Self Report, ini sangat tidak direkomendasikan bagi player yang sulit memberikan argumen yang jelas.


Penutup

Demikian beberapa tips dan trik dalam bermain Among Us sebagai Crewmate maupun Impostor. Game Among Us bisa kalian mainkan di smartphone kalian dengan mengunduhnya di Playstore dan bermain di PC dengan mengunduh di Steam.

Baca Juga

Post a Comment